TERBARU RPP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI SEJARAH KELAS 10 SMA

RPP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI SEJARAH KELAS 10 SMA


RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi Sejarah Kelas 10 SMA ini dapat anda download secara lengkap untuk Kurikulum 2013 Revisi baru tahun 2017-2018. Download segera RPP Sejarah SMA  Kelas X K13 ini untuk melengkapi administrasi anda sebagai guru SMA. RPP atau Rencara Pelaksanaan Pembelajaran adalah perangkat administrasi wajib bagi guru sebelum mengajar, karena idealnya guru membuat sebuah perencanaan terlebih dahulu untuk diterapkan pada proses KBM.

RPP Sejarah K13 Revisi 2016 yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapan Bapak/Ibu Guru dalam menlengkapi perangkat administrasi Guru SMA secara lengkap. Jika dalam proses pendownlodan RPP Sejarah Kelas XII SMA K13 ini tidak sesuai atau terjadi masalah dalam proses download pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik ya Pak/Bu.

RPP SMA kurikulum 2013 revisi 2016 ini dapat juga anda terapkan langsung hanya dengan mengganti datanya saja, tetapi lebih bagus lagi jika ini hanya sekedar dijadikan referensi untuk anda membuat Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 sendiri. File ini kami sediakan untuk semua kelas mulai dari rpp kurikulum 2013 sma kelas x, rpp kurikulum 2013 sma kelas XI,rpp kurikulum 2013 sma kelas XII.

Tidak hanya RPP saja tetapi juga di blog ini saya menawarkan beberapa administrasi lainnya seperti Silabus SMA Kurikulum 2013, Program Tahunan SMA Kurikulum 2013, Program Semester SMA Kurikulum 2013, KKM SMA Kurikulum 2013, KI/ KD Kurikulum 2013, Pemetaan KI/ KD Kurikulum 2013.Lihat Juga Kaidah/Panduan Pembuatan RPP Kurikulum 2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : SMA ...............
MataPelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
Alokasi Waktu : 2 x 45’ (1 x pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)

KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 

KI.4 Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KI.2 Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),santun, respontif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai serminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator

1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

1.2.1 Mengamalkan nilai-nilai keteladanan pemimpin pada zaman Hindu – Budha dengan mengambil ajaran toleransi dan saling menghargai.

2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam. 

2.1.1 Mengamalkan sikap tanggung jawab dan sikap peduli terhadap peninggalan hasil budaya Hindu-Buddha di Indonesia

3.5 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. 

3.5.1 Memahami proses lahir dan berkembangannya agama dan kebudayaan Hindu– Budha di India .

3.5.2 Menganalisis proses masuknya dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia

3.5.3 Menganalisis bentuk- bentuk kebudayaan hindu – budha di Indonesia.

3.5.4 Mendeskripsikanwujud akulturasi kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Hindu-Buddha.

3.5.5 Menganalisiswujud akulturasikebudayaan asli Indonesia dengan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia berupabahasa, ekonomi, politik, religi/kepercayaan, organisasi sosial kemasyarakatan, sistem pengetahuan peralatan hidup/teknologi, kesenian.

4.5 Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Budha dengan menerapakan cara berfikir kronologis dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan. 

4.5.1 Menalar proses masuknya agama Hindu-Budha di Indonesia, serta bentuk pengaruh peninggalan agama hindu- budha di Indonesia.

C. Tujuan pembelajaran

Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial

1.2.1.1 Siswa mampu mengamalkan nilai-nilai keteladanan pemimpin pada zaman Hindu-Budha dengan mengambil toleransi dan saling menghargai

1.2.1.2 Siswa mampu mengamalkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap peninggalan hasil budaya Hindu-Buddha di Indonesia
Kompetensi pengetahuan dan keterampilan

3.5.4.1Melalui diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan konsep akulturasi kebudayaan Hindu – Budha di Indonesia.

3.5.4.2 Melalui diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan wujud akulturasi Hindu – Budha berupa bahasa dan tulisan di Indonesia

3.5.4.3 Melalui diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan wujud akulturasi Hindu – Budha berupa ekonomi

3.5.4.4 Melalui diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan wujud akulturasi Hindu – Budha berupa politik dan sistem pemerintahan di Indonesia

3.5.4.5 Melalui diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan wujud akulturasi hindu – budha berupa religi/kepercayaan

3.5.4.6 Melalui diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan wujud akulturasi Hindu – Budha berupa organisasi sosial kemasyarakatan

3.5.4.7 Melalui diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan wujud akulturasi Hindu – Budha berupa sistem pengetahuan peralatan hidup/teknologi

3.5.4.8 Melalui diskusi kelompok siswa mampu menjelaskan wujud akulturasi Hindu – Budha berupa kesenian.

4.5.1.1 Siswa mampu menyajikan hasil – hasil akulturasi agama dan kebudayaan Hindu-Budha dengan kebudayaan lokal di Indonesia.

D. Materi Pembelajaran

1. Pertemuan 1
a. Lahir dan Berkembangnya Agama Hindu - Budha di india
2. Pertemuan II
a. Proses masuknya dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-budha di Indonesia
b. Bentuk- bentuk kebudayaan hindu budha yang masuk ke indonesia
3. Pertemuan III
1 Perwujudan akulturasikebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Hindu-Buddha.
E. Alokasi Waktu
(4x 45 menit)
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
Model pembelajaran : Examples non examples
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : Slide peninggalan agama dan kebudayaan bercorak Hindu –Budha di Indonesia
Alat/Bahan : Laptop, LCD.
Sumber Belajar :
1. Kementrian PendidikandanKebudayaanRepublikIndonesaia. 2013.Sejarah Indonesia:Kelas X. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2. RatnaHapsari. 2013. Sejarah Indonesia untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga

Untuk Langkah-langkah pembelajaran dan selanjutnya anda dapat melihatnya pada link dibawah ini


RPP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI SEJARAH KELAS 10 SMA

>>> DOWNLOAD <<<


Artikel Terkait

Kumpulan Perangkat Pembelajaran SMA kurikulum 2013 Update 2017-2018 Lengkap


Semoga RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi Sejarah Kelas 10 SMA ini dapat bermanfaat bagi Bapak/ Ibu sebagai Guru SMA,yang memerlukan file diatas,mudah mudahan menjadi bahan referensi , Kritik dan saran dapat Bapak/ Ibu cantumkan pada kolom komentar sebagai bahan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas blog ini dimasa dimasa yang akan datang.Update terus ya pak/ bu,untuk mendapatkan file2 penting lainnya,terimakasih juga atas kunjungannya kali ini.

DOWNLOAD JUGA

Subscribe to receive free email updates: