Program Kerja Kesiswaan SMP/ Mts, SMA/SMK Terbaru

Program Kerja Kesiswaan untuk SMP /MTs yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapan Bapak/Ibu  dalam pengadministrasian ditiap-tiap sekolah. Jika dalam proses pendownlodan program kerja wakasek kesiswaan doc.ini terjadi masalah dalam proses download pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik ya Pak/Bu.

Program Kerja Kesiswaan SMP/ Mts ini dapat anda jadikan referensi untuk anda yang menjabat Wakil Kepalas Sekolah Bidang Kesiswaan dalam membuat Program Kerja Waka Kesiswaan SMP/ Mts. Untuk itu download segera file Proker Kesiswaan ini untuk melengkapi pengadministrasian anda. File ini didapat dari sumber terpercaya dan mudah-mudahan sesuai dengan harapan anda.

Program kerja kesiswaan SMP/ Mts adalah file terbaru untuk tahun ajaran 2016/2017 yang dibuat dalam file Ms. Word (docx) dan disimpan dalam akun google drive, jadi anda tidak perlu khawatir banyak virus dalam file ini.

Download Contoh Program Kerja Kesiswaan SMP/ Mts, SMA/SMK Terbaru


Sudah kewajiban anda sebagai wakil kepala sekolah untuk membuat sebuah program kerja agar semua tugas dapat terprogram secara terperinci. Wakasek kesiswaan bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa. Harapan uatamanya adalah bagaimana siswa menjadi insan beriman dan bertaqwa, terdidik, dan selalu mengembangkan kepribadiaannya untuk kemanfaatan pribadi, lingkungan dan orang lain.


  1. Semua kegitan dilaksanakan dengan izin kepala sekolah dan orang tua siswa
  2. Semua kegiatan tidak melupakan tugas utamanya, yaitu belajar.
  3. Semua kegiatan selalu berorientasi untuk pengembangan diri setiap siswa
  4. Semua kegiatan didanai oleh komite sekolah dan dibantu oleh donatur yang tidak mengikat.
  5. Jadwal kegiatan harus disesuaikan dengan agenda kegiatan sekolah.
  6. Semua kegiatan sudah terencana dengan baik dan matang.
  7. Semua kegiatan tidak menyebabkan ekses negatif baik untuk SMA ...., maupun untuk yang lainnya.
  8. Semua kegiatan ekstra kurikuler harus dilasanakan di luar jam sekolah kecuali dalam keadaan mendesak dengan izin kepala sekolah.
Fungsi wakasek kesiswaan diantaranya, mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah berhalangan hadir kecuali masalah keuangan dan penandatanganan surat-surat yang tidak didelegasikan, menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal semester dan melaporkannnya kepada kepala sekolah untuk mendapatkan pengesahannya, merencanakan dan melaksanakan penerimaan siswa baru, bersama wakasek urusan kurikulum mengelola mutasi siswa dan melaporkannya kepada kepala sekolah, merencanakan dan melaksanakan masa orientasi siswa (MOS) siswa kelas X.
Kegiatan yang biasanya tercakup kedalam tugas pokok kesiswaan diantaranya :
  • Kegiatan pembinaan OSIS. 
  • Kegiatan Ekstrakurikuler.
  • Kegiatan Upacara Bendera.
  • 6K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan, dan kekeluargaan).
  • Kegiatan pelepasan siswa kelas XII.
  • Kegiatan pendaftaran ke perguruan tinggi negeri
  • Mengatur tata tertib siswa dan dan mengurus siswa yang melanggar tata tertib.
  • Mengatur seluruh aktivitas siswa baik di dalam maupun di luar sekolah
  • Mengorganisir pelaksanaan karya wisata siswa.
  • Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa bersama-sama dengan BP/BK.
Semoga Program Kerja Kesiswaan untuk SMP /MTs ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Saran dan kritik saya harapkan untuk dijadikan bahan perbaikan pada blog ini kedepannya. maka dari itu Update terus ya Blog ini untuk mendapatkan file penting lainnya,terimakasih juga untuk kunjungannya kali ini


Subscribe to receive free email updates: