Download Panduan Pramuka Dalam Kurikulum 2013 [ Ekstrakurikuler ]

Pramuka Dalam kurikulum 2013 [ Ekstrakurikuler ] yang dapat anda download filenya dibawah artikel ini. Pramuka, adalah anggota Gerakan Pramuka yang teridiri dari anggota muda yaitu peserta didik S,G,T,D dan anggota dewasa yaitu Pembina Pramuka, Pembantu Pembina Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, Pembina Profesional, Pamong SAKA dan Instruktur SAKA, Pimpinan SAKA, Andalan, Pembantu Andalan, Anggota MABI, Staf Karyawan Kwartir, dan Mitra.

Panduan Ekstrakurikuler Pramuka Kurikulum 2013 diterbitkan oleh PUSAT PENGEMBANGAN TENAGA KEPENDIDIKAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2014.

Download Panduan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam  Kurikulum 2013


Syarat Kecakapan Umum (SKU) dalam Kepramukaan :
  1. Siaga adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 07 – 10 tahun.Penggalang adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 11 – 15 tahun
  2. Penegak adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 – 20 tahun.
  3. Pandega adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 21 – 25 tahun.
  4. Saka pramuka adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Sumber :http://www.berkassekolah.com/
Dalam Kurikulum 2013 Pramuka merupakan ekstrakurikuler yang wajib diikuti setiap siswa/siswa sekolah tersebut. terkecuali bagi peserta didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkannya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. 

Ekstrakurikuler pramuka sendiri adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar, sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum. 

Semoga Pramuka Dalam kurikulum 2013 ini dapat berguna bagi anda pembina dan anggota pramuka , Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang.Update terus ya blog ini untuk mendapatkan file2 penting lainnya.

Download Juga :
Jukran Td.Penghargaan 

Subscribe to receive free email updates: