Contoh RAPBS PAUD/TK/KB/TPA 2016-2017 Update Format Baru

Contoh RAPBS PAUD/TK/KB/TPA yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapan Bapak/Ibu dalam melengkapi administrasi disekolahnya. Jika dalam proses pendownlodannya tidak sesuai atau terjadi masalah pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik ya Pak/Bu.

Contoh RAPBS PAUD/TK/KB/TPA ini dapat anda download secara gratis pada link yang sudah kami sediakan dibawah. RAPBS ini bisa adalah file terbaru tahun pelajaran 2016/2017 yang dapat digunakan untuk PAUD sederajat termasuk TK, KB, dan TPA. RAPBS atau Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah adalah program sekolah yang wajib dimiliki supaya keuangan lembaga dapat terkendali.

File  RAPBS PAUD ini dibuat dalam bentuk word (docx) dan pdf dan disimpan dalam akun google drive, untuk itu anda tidak perlu takut dengan adanya virus pada file ini. Contoh file ini saya dapat dari beberapa sumber terpercaya dan dapat dikatakan bahwa sumber file ini dari lebaga PAUD yang sudah bonafid, sehingga sangat cocok contoh rapbs ini untuk dijadikan referensi. 

Download Contoh RAPBS PAUD/TK/KB/TPA



RAPBS adalah rencana biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama dan merupakan dokumen anggaran sekolah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah dan Kepala Sekolah serta penanggungjawab perumusan RAPBS, untuk menjadi anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah. 

Secara rinci langkah penyusunan RAPBS, yaitu:
  1. Inventarisasi kegiatan untuk tahun yang akan datang, baik kegiatan rutin maupun kegiatan pembangunan/ pengembangan berdasarkan evaluasi pelaksanaan kegiatan pada tahun sebelumnya, analisis kebutuhan tahun berikutnya, dan masukan dari seluruh warga sekolah maupun Komite sekolah.
  2. Inventarisasi sumber pembiayaan baik dari rutin maupun pengembangan.
  3. Penyusunan Rencana Kegiatan sekolah (RKS) yang lengkap berdasarkan Langkah poin (1) dan (2). Kepala sekolah membuat tabel RKS yang terdiri dari kolom-kolom nomor urut, uraian kegiatan, sasaran, kolom-kolom perincian dana dari berbagai sumber, dan kolom jumlah. Tabel tersebut diisi sesuai kolom yang ada.
  4. Penyusunan RAPBS, Kepala sekolah membuat tabel RAPBS yang terdiri dari kolom-kolom, yaitu kolom rencana penerimaan dan jumlahnya, kolom rencana pengeluaran dan jumlahnya. Tabel tersebut diisi kemudian ditandatangani oleh Kepala sekolah dan Ketua komite sekolah dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat.
Disini juga saya akan coba share bagaimana cara membuat sebuah RAPBS yang saya dapat juga dari sumber yang sama. RAPBS dibuat hanya untuk satu tahun anggran pelajaran mendatang dan terdiri dari 2 bagian yaitu Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBS mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS hanya mencakup dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah. 


Secara teknis format RAPBS PAUD/TK/KB/TPA ini terdiri dari beberapa poin penting yakni Rencana Pendapatan yang terurai kedalam rincian sumber dana dan jumlah pendapatan tersebut. Kemudian poin berikutnya adalah Rencana Penggunaan Dana tersebut yang terurai dalam beberapa program kegiatan yang akan dibiayai dari sumber pendapatan pada poin pertama, yang disertai dengan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk membiayai kegiatan dan kapan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Semoga Contoh RAPBS PAUD ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan referensi ini. Kritik dan saran dapat anda cantumkan pada kolom komentar sebagai bahan perbaikan untuk saya dalam membenahi blog ini dimasa akan datang.Update terus ya blog ini untuk mendapatkan file2 penting lainnya,terimakasih atas kunjungannya.

Download Juga :
Model Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 (Pendekatan Saintifik)
Contoh RKH Sentra Balok Tema Binatang Kurikulum 2013
Contoh Format Penilaian PAUD Kurikulum 2013 + Cara Pengisian
Contoh RKH PAUD Tema Keluarga Minggu ke 5,6,7,8 (4 Sub Tema)
Download Contoh Protah, Prosem, RKM, RKH Kurikulum 2013 PAUD Dapatkan Jenis Jenis Permainan Anak PAUD Terbaru

Subscribe to receive free email updates: