Pengembangan Indikator pada Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran

Pengembangan Indikator pada Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran. Salah satu   permasalahan  guru dalam menyusun  RPP adalah kesulitan  dalam mengembangan indikator yang sesuai dengan KD. Pengembangan Indikator ini sangat diperlukan agar seorang guru mengetahui sejauhmana dia menerapkan pembelajaran di kelas. Selain itu, Pengembangan Indikator ini terkait erat dengan yang namanya Kompetensi Dasar dan juga Indikator Pembelajaran.


Sebagaimana yang dijelaskan mengenai Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Dalam mengembangkan indikator perlu mempertimbangkan: 
(1) tuntutan kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja yang digunakan dalam KD; 
(2) karakteristik mata pelajaran, peserta didik, dan sekolah; dan 
(3) potensi dan kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan lingkungan/ daerah.
Supaya lebih memahami bagaimana Pengembangan Indikator itu, silahkan download filenya di bawah ini :

Subscribe to receive free email updates: